Home » Article » Me-remaster Linux (Just for internal use !!)

Me-remaster Linux (Just for internal use !!)

Pages

January 2008
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Blog Stats

  • 414,943 hits

Archives

Pengunjung


Saat ini saya sedang melakukan remastering Linux. Tujuan awalnya adalah untuk mendapatkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan.

“Lho, memangnya distro Linux yang jumlahnya ratusan dan bertebaran di jagad internet blom cukup mas ??”

Beberapa pertanyaan ditujukan ke email saya. Memang saat ini sudah banyak distro Linux yang bagus. Namun yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan saya (dalam hal ini kebutuhan di kantor) belum ada. Jadi saya memutuskan untuk me-remaster sendiri distro Linux yang sudah ada menjadi distro yang benar-benar customized.

“Emang kebutuhannya distro Linuxnya seperti apa ?”

Setiap individu memiliki kebutuhan distro Linux yang berbeda. Berikut kebutuhan distro Linux di tempat saya bekerja :

  • Sudah include Sun JRE 1.5 atau yang lebih tinggi
  • Sudah include SAPGUI for Java (untuk akses server SAP). Udah gak perlu install SAPGUI lagi dari nol. Cukup install Linux…SAPGUI for Java udah terinstall
  • Sudah include wine (untuk kebutuhan emulasi Lotus Notes Client)
  • Sudah include IRC client untuk akses server IRC lokal di kantor). Biasanya saya pake XChat
  • Sudah include SAMBA server untuk sharing dengan PC Windows yang masih ada
  • Include driver-driver printer Linux (biasanya sudah ada sih).

Itu sedikit diantara kebutuhan di tempat saya bekerja.

“Trus mau pake distro Linux apa untuk diremaster ?”

Saat ini saya mencoba remaster distro Ubuntu, Linux Mint dan PC Linux OS. Saya pribadi prefer Linux Mint dan PC Linux OS karena lebih simple dan gak banyak kerjaan untuk install. Maunya sih tampilan dibuat kayak XP atau Vista agar user-user di lapangan seneng dan tidak shock melihat Linux. He…he..he.. sebenarnya sih user-user di tempat saya tidak shock karena sudah setahun ini pake Linux (hampir 80%).

O iya…barusan saya juga menerima request dari temen-temen agar nantinya mereka dapat meminta iso atau CD hasil remaster. Waks ?!?!….Nah, ini bisa jadi masalah karena secara lisensi SAPGUI for Java yang bukan open source mungkin tidak bisa di-include-kan. SAP Indonesia bisa protes ke saya nanti…:D…he..he..


11 Comments

  1. Amaranth says:

    Lha? bukannya SAP JavaGUI itu redistributable?

    Salam kenal.

  2. ardhian says:

    Currently, I have no idea for that..

    ardhian

  3. irwan says:

    langkah langkahnya kasih tau donk Pak..!, agar saya juga bisa belajar nich

  4. ian says:

    trus abis ngeremaster dah dibukukan lum??? aku juga lagi dlm tahap remastering ubuntu ni. tapi masih binggung

  5. ardhian says:

    saat ini just for internal use

    ardhian

  6. Joenist99 says:

    Kenapa repot2 Remaster, kan sudah ada di posting anda sebelumnya.

    “Mandriva Linux – Distro ini cukup stabil walaupun agak ribet untuk install printernya. Termasuk bagus dan SAPGUI for Java ready.”

    dan sekarang sudah banyak Repositor yang tinggal pasang.

    — Lam kenal —

  7. mishbah says:

    remastering memang satu kegiatan yang menyenangkan! hehe.. slam kenal

  8. ikings94 says:

    hm.. sun jre terbatas ya! ada yang lain ndak?

  9. ardhian says:

    @ikings94 :

    yup, soalnya cuma butuh sun jre sih..he..he.he..

    ardhian

  10. Realodix says:

    Semoga berhasil Mas remasternya,,

  11. yukikurosaki says:

    Trus catanya gmn mas???

Leave a comment