Home » Uncategorized » Setting priority pada proses aplikasi di Windows

Setting priority pada proses aplikasi di Windows

Pages

October 2017
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 409,488 hits

Archives

Pengunjung


Kebetulan sekali saya punya server lama (mesin IBM x3200, gw lupa seri-nya, yang pasti server ini dibeli sekitar tahun 2008). Jadi secara usia sudah waktunya pensiun…he..he..

Didalam server ini diinstall Windows Server 2003 standard edition dan ada server database SQL Server 2000 yang menyimpan data-data HR untuk plant. Server juga memiliki fungsi menyimpan database Kaspersky untuk antivirus seluruh komputer yang ada di plant serta sebagai pusat print server SAP (pakai sapsprint dan didalamnya masih ada aplikasi saplpd).

Nah, problemnya adalah saat departemen Personalia sedang proses gaji untuk karyawan-karyawan di pabrik, otomatis konsumsi resource terutama CPU akan langsung naik 100%. Akibatnya adalah proses-proses lain termasuk proses print server menjadi terhambat. Karena server baru yang disiapkan belum ready, maka yang bisa dilakukan adalah melakukan setting prioritas proses agar semua proses bisa berjalan tanpa saling mengganggu. Ternyata untuk mengubah prioritas proses di Windows tidak mudah (mungkin karena versi yang digunakan adalah standard edition).

Agar proses print server SAP bisa dinaikkan prosesnya menjadi lebih tinggi (default process di Windows adalah Normal), maka harus lewat command prompt. Masuk kedalam direktory dimana file exe disimpan, lalu jalankan :

start /high saplpd.exe

Dan wooalaa….saplpd bisa dijalankan dengan prioritas high alias lebih tinggi dari proses yang lain. Jadi meskipun konsumsi CPU sedang tinggi sekalipun (100%), proses print server SAP tetap mendapatkan prioritas untuk dijalankan lebih dulu :).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: