Home » Business » Fast, Easy, and Proven – Tuning Performance PC/Laptop yang pasti berhasil !!

Fast, Easy, and Proven – Tuning Performance PC/Laptop yang pasti berhasil !!

Pages

August 2015
M T W T F S S
« Apr   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,754 hits

Archives

Pengunjung


Gw selama ini bekerja dengan notebook lama (Acer Aspire 4710 keluaran tahun 2007). OS yang gw pake adalah Linux Mint 17.2 Rafaella (berbasis Ubuntu 14.04 LTS). Dengan memory 1,5 GB terasa lambat jika membuka beberapa tab halaman web dengan firefox, aplikasi SAPGUI (klien untuk ERP SAP) plus file Manager.

Setelah mencari beberapa lama dan menemukan ide untuk tuning, akhirnya gw memutuskan untuk membeli SSD. Untuk membeli SSD, gw mempertimbangkan harga dan kapasitas SSD. Tahun lalu (2014) harga keekonomisan SSD di kapasitas 120/128 GB (kisaran harga 1 jutaan). Saat ini harga kekonomian SSD di kapasitas 240/256 GB dengan harga di kisaran 1 jutaan. Gw gak perlu SSD sampe kapasitas 240/256 GB, cukup 120 GB karena HDD notebook yang gw pake saat ini adalah 120 GB.

Setelah review dan mencari beberapa lama, ada beberapa kandidat yang cukup murah :

  • SSD Kingston SSDNow (kapasitas 120 GB), harga sekitar 850 ribu
  • SSD SANDisk X110 (kapasitas 128 GB), harga sekitar 700 ribu
  • SSD Kingmax SMP35 (kapasitas 120 GB), harga sekitar 650 ribu

Setelah melihat harga, akhirnya diputuskan membeli SSD yang terakhir. Harga cukup murah dan kapasitas pas. Setelah SSD datang, langsung dilakukan kloning HDD notebook dari SATA ke SSD memakai haddisk docking. Setelah selesai, langsung lancap ke notebook dan start.

Ternyata memang benar. Performa langsung meningkat drastis dan ini instan. Tidak perlu setting yang aneh-aneh. Tuning yang dilakukan setelah memakai SSD adalah setting TRIM untuk memperpanjang lifespan dari SSD sendiri.

Jika Anda berminat untuk melakukan pemesanan SSD ini, bisa pesan melalui saya. Nanti akan saya carikan harga terbaik🙂


Leave a Reply

