Home » Article » Step by Step Instalasi SAP ERP 6.0 with EHP 5 included

Step by Step Instalasi SAP ERP 6.0 with EHP 5 included

Pages

March 2012
M T W T F S S
« Feb   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 346,176 hits

Archives

Pengunjung


Sesuai dengan permintaan yang masuk ke email gw dan sekaligus sebagai dokumentasi bagi gw sendiri dan temen-temen, gw upload dan berikan step by step instalasi SAP ERP 6.0 with EHP 5 included. Instalasi ini dijalankan di OS SuSE Enterprise 11 SP1 (silakan download di situs nya Novell, gratis kok).

Set beberapa environment seperti LD_LIBRARY_PATH, SAPINST_JRE_HOME, JAVA_HOME, DISPLAY, dan umask.

Jalankan file exe ./sapinst

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7190/6945404693_277f0a8f55_z.jpg

Pilih Central System karena gw hanya menginstall di 1 server aja untuk menangani Central Instance sekaligus Database Instance. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7188/6945404753_0244594086_z.jpg

Gw pilih CUSTOM karena ada beberapa settingan yang ingin dicustom dan sekaligus menunjukkan settingan yang lebih lengkap. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7198/6799293498_76e669abfa_z.jpg

Isi SAP System ID dan pastikan direktori /sapmnt ada didalam OS. Gw pake SID = IDS (Loe boleh pake apa aja dah, ada beberapa kata yang restricted alias gak boleh dipake). Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7201/6799293552_ccb3181b43_z.jpg

Karena gw gak pake DNS maka centangan (v) untuk Fully Qualified Domain Name untuk server SAP tidak diaktifkan. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7070/6799293624_de6366cd54_z.jpg

Silakan memasukkan master password. Master password akan dipake untuk beberapa password seperti user <sid>adm, ora<sid>, daa user dan lain-lain. Panjang master password minimal 8 karakter dan terdiri atas kombinasi huruf dan angka. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7177/6799293680_b5d68be1d8_z.jpg

Isi dengan nama untuk Database ID. Untuk lebih memudahkan biasanya SAP System ID dan Database ID disamakan. Gw isi IDS. Untuk Database host akan secara otomatis diisi sesuai host database. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7058/6945405127_3290f35bdb_z.jpg

Silakan menunjukkan lokasi SAP Kernel 7.20 unicode. Untuk lebih memudahkan, source installer SAP sebaiknya disalin ke local disk. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7177/6799293836_b4719a2104_z.jpg

Installer akan meminta lokasi SAP Export 1. Silakan ditunjukkan. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7204/6799293916_ac256f3284_z.jpg

Step ini yang agak aneh karena dari screen installer akan meminta Export 5 tapi sebenarnya minta Export 11 (kalo gw gak salah ingat…he..he..sori kalo salah). But don’t worry. Installer akan menunjukkan error message kok. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7056/6799293984_a140dd312c_z.jpg

Installer akan meminta Export 2, 3, dan 4. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7189/6799294044_93187022eb_z.jpg

Screen akan menunjukkan parameter untuk database. Dalam hal ini adalah instance memory management dan user schema (untuk SAP ERP menggunakan schema default SAP SR3). Password untuk user schema ini akan mengambil dari master password yang sudah diset sebelumnya. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7190/6945405447_2f9492550d_z.jpg

Screen kelanjutan dari parameter database. Dalam screen ini ditunjukkan versi database server, versi database client, dan sistemnya (32 bit atau 64 bit). Untuk konfigurasi lebih advanced akan ditunjukkan ukuran default datafile dalam tablespace dan ada pilihan untuk Advanced Database Configuration. Beri tanda centang (v) untuk Advanced Database Configuration karena gw ingin agar database/tablespace memakai fitur advanced compression milik Oracle. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7048/6799294206_b2a2fee893_z.jpg

Screen untuk memasukkan password untuk user-user database, yaitu SYS dan SYSTEM. Secara default, password akan terisi sesuai dengan master password yang sudah diset sebelumnya. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7185/6799294280_e55918b36f_z.jpg

Screen akan meminta installer Oracle 11g. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7062/6945405651_42f5301d3e_z.jpg

Secara default, listener akan diberi nama LISTENER dan memakai port 1527 (Kalo Oracle kan defaultnya 1521). Sebelumnya, silakan cek di file /etc/services. Pastikan bahwa port 1527 tidak terpakai. Jika ternyata ada yang memakai, silakan di-remark (#). Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7189/6799294410_f10061638a_z.jpg

Karena gw pengen memakai fitur kompresi, maka gw centang Compress Tablespaces. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7187/6945408793_0642b720f7_z.jpg

Silakan pilih “COMPRESS FOR OLTP” untuk tablespace-tablespace yang ingin dikompres. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7195/6945405865_15717e9813_z.jpg

Silakan pilih untuk create statistics untuk database karena ini database baru sehingga belum ada statistics untuk table dan index. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7191/6799294634_ab0550fe3d_z.jpg

Informasi yang perlu diedit adalah Central Instance Number. Silakan memasukkan 2 digit nomor. Defaultnya adalah 00 dan angka yang tidak boleh dipakai adalah 99. Gw pake 88 sebagai System Number. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7067/6799294680_9b20a984b2_z.jpg

Informasi tentang ABAP Message Server port dan Internal ABAP Message Server port. Ambil defaultnya saja. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7038/6945406047_22da75ddd7_z.jpg

Screen yang meminta versi Oracle Client. Oracle Client yang diminta adalah versi 10.2. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7053/6945406099_d1b092a285_z.jpg

Screen untuk instalasi SAP Cryptographic Library. Download saja dari situsnya SAP. Ukuran filenya kecil kok. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7205/6945406161_6268c2bbde_z.jpg

Informasi software cryptographic yang diinstall. klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7049/6799294952_babd01d1fe_z.jpg

Informasi software-software yang di-unpack. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7191/6945406293_f956cf5365_z.jpg

Informasi DAA instance. Default saja. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7195/6799295086_74228c0117_z.jpg

Informasi tentang Java Cryptographic Extension (JCE). Ada informasi dimana harus mendownload nya. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7060/6945406441_57b0481ff2_z.jpg

Informasi tentang user daaadm, password dan user ID. Password diambil dari master password. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7179/6799295198_3e7ae672bc_z.jpg

Informasi tentang DAA System number. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7036/6945406579_1f664ea131_z.jpg

Informasi jika kita menggunakan System Landscape Directory (SLD). Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7191/6799295348_cbee23dd98_z.jpg

Informasi unpack SAP Kernel. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7198/6945406727_acdac51843_z.jpg

Summary hal-hal yang telah kita setting baik tentang SAP dan database. Jika ingin mengubahnya, silakan centang (v) lalu klik Revise, jika tidak silakan klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7180/6945406789_4048a6b317_z.jpg

Isi Solution Manager Key. Solution Manager Key harus digenerate dari Server Solman. Jika tidak punya solman server, silakan minta ke temennya atau kontak gw. Ntar gw bantu. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7196/6945406881_37e39908b8_z.jpg

Installer akan meminta instalasi software database Oracle. Silakan ikuti instruksinya.

  1. Buka terminal baru
  2. Sebagai root :#xhost +
  3. Kemudian #su – ora<ids>
  4. Setting display $setenv DISPLAY <IP client>:1.0 –> Informasi ini bisa dilihat dan dicontoh dari environment root.
  5. Lalu jalankan instalasi Oracle.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7036/6799295604_766ece61de_z.jpg

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7186/6945407035_f6abb7d6a0_z.jpg

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7194/6945407121_59085d61c4_z.jpg

Klik NEXT untuk melanjutkan.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7177/6799295898_03b816c735_z.jpg

Klik YES untuk melanjutkan.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7192/6799295966_2d17fafbe6_z.jpg

Klik NEXT untuk melanjutkan.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7178/6945407341_8dc121228c_z.jpg

Pastikan bahwa pilihannya adalah Install Database Software Only. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7064/6799296126_2f69074bec_z.jpg

Pilih Single Instance Database Installation. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7182/6799296208_0d243826d4_z.jpg

Pilihan bahasa. Klik NEXT.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7036/6945407591_cc9b86d510_z.jpg

Pilih Enterprise Edition. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7183/6945407691_c666d388a0_z.jpg

Pastikan parameter ORACLE_BASE dan ORACLE_HOME sudah sesuai. Klik NEXT.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7192/6945407811_147407774d_z.jpg

Informasi oraInventory dan ownership group nya. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7208/6945407893_62e57ed7e9_z.jpg

Informasi dba dan oper. Klik NEXT.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7204/6799296672_f333191179_z.jpg

Screen yang menunjukkan jika ada parameter OS yang belum sesuai dengan settingan untuk database Oracle. Klik tombol Fix & Check Again untuk membetulkan.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7178/6799296760_4823f039da_z.jpg

Ada informasi dimana script yang dibutuhkan untuk melakukan pembetulan parameter. Biasanya diletakkan di direktori /tmp.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7064/6799296886_31e9c80e17_z.jpg

Script pembetulan sudah dijalankan.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7197/6799296978_c4edaf2cb0_z.jpg

Klik INSTALL untuk melanjutkan instalasi.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7188/6945408341_e9ff91171a_z.jpg

Proses instalasi sedang berjalan.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7047/6945408421_0f8001ceff_z.jpg

Beberapa script yang perlu dijalankan.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7209/6799297224_ac8650b76a_z.jpg

Script pertama.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7198/6799297318_22883499e2_z.jpg

Script kedua.

https://i2.wp.com/farm8.staticflickr.com/7055/6945408607_3e1a2458d3_z.jpg

Instalasi database Oracle selesai. Klik CLOSE.

https://i0.wp.com/farm8.staticflickr.com/7039/6945408713_d9867bf4b9_z.jpg

Kembali ke instalasi SAP. Klik OK.

Instalasi akan berjalan lagi sampai selesai.

https://i1.wp.com/farm8.staticflickr.com/7068/6945408881_b18d6fb58f_z.jpg

Instalasi SAP ERP 6.0 with EHP 5 sudah selesai.

Tutorialnya akan disambung lagi.


6 Comments

  1. Anonimous says:

    Mas Adrian,
    Bagus bgt tutorialnya, tp alangkah lebih bagusnya kl di sertai dengan preparation step nya, di posting baru lagi, karena setahu saya preparation step itu platform dependet, jd applicable untuk semua installasi SAP Solution selama platformnya masih sama dgn di atas (linux-oracle11g)

    terimakasih.

  2. […] instalasi SAP ERP 6.0 bisa dilanjutkan seperti postingan sebelumnya (https://ardhian.wordpress.com/2012/03/02/step-by-step-instalasi-sap-erp-6-0-with-ehp-5-included/). Share this:FacebookTwitterLinkedInPrintStumbleUponEmailDiggRedditLike this:LikeBe the first to […]

  3. benz says:

    Pagi,

    Pak sy ada trouble pas install di phase 3 (Install common system) errorny seperti di link ini : http://www.qnasap.com/error-installation-at-phase-3-install-common-system-files/
    solusinya bgmna pak yah? thx ..

  4. hendra says:

    Mas..can you help me please..
    Saya sedang belajar instalasi ides ehp5 pada windows server 2008, tpi ada error di saat install sapinst nya.. Bisa minta tolong gan untuk cara2nya step by step..bisa juga dikirim ke email saya..
    TERIMA KASIH SEBELUMNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: