Home » Article » Performance Tuning database server Oracle 9i….Damn, I’m Good !!

Performance Tuning database server Oracle 9i….Damn, I’m Good !!

Pages

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,509 hits

Archives

Pengunjung


Sudah 2 minggu terakhir ini gw berkutat dengan performance tuning untuk database server. Database server sistem ERP SAP R/3  4.7 mengalami degradasi performance. Alhasil, gw di-komplain kanan kiri dah sama user-user.

Solusi pertama adalah gw cek di penggunaan data buffer cache. Gw coba menaikkan db_cache_size dari 7 GB menjadi 10 GB. Ternyata cara ini tidak menolong sama sekali.

Gw coba cara lain yaitu menaikkan parameter pga_aggregate_target untuk melihat respon proses-proses yang dilakukan user. Size pga_aggregate_target sebelumnya 4 GB menjadi 6 GB. Cara ini lumayan meningkatkan performa walaupun tidak signifikan.

Gw sempet hopeless….dah…

Akhirnya puter-puter cari info untuk checking-checking performance. Dilihat dari hasil statistik gw melihat bahwa akses ke disk sangat tinggi dan bahkan penggunaan CPU ikut-ikutan naik dan memperparah performance sistem. Akhirnya gw coba melokalisir beberapa table untuk dilakukan cek statistics baik table maupun indexnya. Beberapa table yang sering diakses serta table-table yang besar gw lakukan update statistics. Update statistics ini dilakukan pada malam hari. Untuk update statistics ini gw sangat tertolong dengan whitepaper SAP untuk CBO Oracle. Proses update statistics gw lakukan secara estimate dan mengambil sample size tergantung jumlah row dari table tersebut.

Cara-cara ini ternyata berhasil menyelesaikan problem gw. Gw udah terima acknowledgement dari end user bahwa performa sistem kembali ok dan semakina ciamik.

Damn, I’m good !! (dalam hati gw)..


2 Comments

  1. gunawan says:

    hi, salam kenal,

    saya mengalami problem yg sama seperti anda, mohon petunjuknya untuk m’lakukan update statistik, bagaimana caranya? sebelum dan sesudahnya matur nuwun..

    • ardhian says:

      Step-step yg perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

      1. identifikasi tabel-tabel dan index yang sering diakses
      2. periksa kapan terakhir dilakukan update statistics untuk tabel dan index tersebut (kecuali index broken perlu dilakukan rebuild index terlebih dahulu)
      3. performa biasanya keliatan setelah 1-2 hari kecuali database tidak dipakai untuk transaksi pada saat update statistics.

Leave a Reply

