Home » Article » Salary Information di lowongan kerja Indonesia

Salary Information di lowongan kerja Indonesia

Pages

May 2011
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 346,176 hits

Archives

Pengunjung


Informasi salary atau gaji masih menjadi hal yang tabu di Indonesia. Perusahaan masih tidak jelas memberikan keterangan tentang salary/gaji untuk pekerjaan-pekerjaan yang sedang lowong di internal mereka. Mungkin karena budaya timur yang masih dianut kental di Indonesia. Namun, bisa juga ini merupakan salah satu strategi bagi perusahaan untuk menekan salary/gaji pegawai yang bersangkutan untuk serendah mungkin.

Menurut pendapat gw, salary/gaji perlu diberikan informasi yang proporsianal. Malah kalau perlu dicantumkan di lowongan yang diiklankan di situs-situs pencari kerja. Jadi untuk lowongan kerja A ada deskripsi pekerjaan yang jelas, tanggung jawab dan wewenang, serta range salary/gaji yang jelas. Hal ini untuk memudahkan para pencari kerja.

Perusahaan tidak mau mencantumkan salary/gaji didalam lowongan kerja, kemungkinan besar karena perusahaan tersebut takut bersaing dengan perusahaan lain yang mencari resource yang sama tapi menawarkan salary/gaji/renumerasi yang lebih baik. Bisa juga karena perusahaan hendak menekan para job seeker (yang notabene butuh banget pekerjaan itu) agar cost salary/gaji seminimal mungkin.

Tapi ada efek buruk apabila perusahaan tidak memberikan indikasi range salary/gaji yang jelas antara lain perusahaan tidak akan mendapatkan employee yang tepat untuk mengisi lowongan tersebut dan lebih cenderung mendapatkan employee yang fresh/kurang matang. Akibatnya adalah employee yang kurang sesuai akan melakukan pekerjaan yang dimaksud dengan tidak optimal. Perusahaan malah harus keluar cost lagi untuk men-training employee tersebut.

Bagi perusahaan, silakan pilih cantumkan range salary/gaji untuk setiap job/pekerjaan yang Anda iklankan dan mendapatkan employee yang sesuai dengan kebutuhan atau tidak mencantumkannya dan Anda mendapatkan employee yang kurang matang dan harus men-training mereka lagi ? Silakan tentukan sendiri !!


1 Comment

  1. whether you are migrating a

    development system, a test system or a productive system. This ensures that

    the required “know-how” is available to deal with the complexity of the

    situation. SAP OS DB MIGRATION ONLINE TRAINING check for the operating system

    or the database to migrate production systems.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: