Home » Ngoprek » Workshop DB2

Workshop DB2

Pages

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 346,176 hits

Archives

Pengunjung


Company gue ada rencana untuk melakukan migrasi database yang dipakai saat ini (sebagai database server SAP). Saat ini database server yang dipakai adalah Oracle 9.2. Dengan beberapa pertimbangan termasuk diantara biaya maintenance license sepertinya akan diputuskan untuk migrate ke DB2. Sebelum itu, orang IBM Malaysia menawarkan untuk ikutan training DB2 LUW Administration for SAP.

Kebetulan tanggal 6 – 9 April 2010 ini diadakan workshop ini di Jakarta. Jadi udah dari kemaren gue ikutan training ini. Trainer yang memberikan materi adalah Jeremy Broughton dari IBM DB2 Lab Toronto. Saat gue lihat di materi yang diberikan terdapat link ke buku “SAP DBA Cockpit” yang sangat bagus dan Jeremy adalah salah satu penulis dalam buku itu.

Training ini cukup mahal kayaknya. Detailnya sih gue kurang tahu karena semua di-arrange oleh orang IBM Malaysia. Fitur-fitur IBM DB2 yang sangat membantu pekerjaan DBA diterangkan disini antara lain Deep Compression, HADR (free of charge),  Self Tuning Memory Management, Automatic Storage Management, dll. Dari fitur yang disebutkan sih nampak keunggulan DB2 dari Oracle (dengan cost yang lebih murah).


2 Comments

  1. Sugianto says:

    Pak adrian, ditempat kami saat ini pakai oracle 9i untuk database sap. kami sempat ditawarin migrasi ke db2 ,informasi yang kuterima Db2 lebih stabil dari oracle untuk Database SAP.

    tapi kalau diindonesia masih sedikti kayaknya masih pakai oracle ?

  2. ardhian says:

    @pak sugitanto :

    ada beberapa pertimbangan untuk migrate ke DB2 antara lain biaya license database lebih murah, udah include fitur deep compression, automatic memory manager, automatic storage management, dan fitur HADR (High Avalability for Disaster Recovery) – free.
    Memang di Indo masih jarang yang pake.

    by the way, pak sugianto di company apa ?

    ardhian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: