Home » 2010

Yearly Archives: 2010

Otomania : Cara Diesel Purging – Liqui Moly


Ditulis ajah biar gak lupa…

Untuk mesin diesel standard

1. Lepas selang yg keluar dr filter solar (selang menuju Injection
Pump)
2. Lepas selang dari Injection Pump, selang utk aliran balik solar ke
tangki
3. Masukkan kedua selang tsb. ke dalam botol Diesel Purge
4. Jalankan mesin hingga cairan diesel Purge di dalam tabung habis.
5. Matikan mesin
6. Pasang balik semua selang ke posisi semula.
7. Pompa water separator, hingga solar kembali memenuhi selang menuju
Injection Pump

Untuk mesin diesel yang menggunakan Rizor – RFP :

1. Lepas selang yg keluar dr filter solar (hanya satu selang yg
keluar dr filter solar, selang yang menuju input RFP).
2. Masukkan selang tsb. ke dalam botol Diesel Purge
3. Jalankan mesin hingga cairan diesel Purge di dalam tabung habis.
4. Matikan mesin
5. Pasang balik semua selang ke posisi semula.
6. Pompa water separator, hingga solar kembali memenuhi selang menuju
Injection Pump.

Dikutip dari : http://groups.yahoo.com/group/panther-mania/message/

Otomania : Cara Kuras Oli Power Steering (DIY)


Biar gak lupa…ane catat disini (kali aja ada yang memerlukan)

1.Buanglah oli yang ada dalam reservoir P/S pump menggunakan selang kecil sampai habis.
2.Lihat kedalam lubang pengisian oli apakah banyak kotoran yang terperangkap disitu, jika tidak, proses pengurasan bisa langsung dilakukan dengan membuka selang P/S balik (bukan selang Pressure) yang menuju P/S pump dan simpanlah bak penampung oli di bawahnya.
3.Gerakan steer kekiri dan kanan sampai mentok beberapa kali sehingga oli P/S tidak lagi keluar dari selang balik.
4.Pasangkan kembali selang balik P/S dan isi reservoir dengan Oli P/S yang sesuai.
5.Hidupkan mesin, satu orang didalam menggerakan steer ke kiri dan kekanan berulang-ulang dan seorang lagi mengisi Oli sampai level yang ditentukan. Dab biarkan beberapa saat agar oli bersirkulasi.
6.Matikan mesin, keluarkan oli dari reservoir memakai selang.
7.Lepaskan lagi selang balik dari P/S pump. Dan ulangi langkah #3.
8.hal ini bisa dilakukan satu atau dua kali. Jika yakin sudah bersih, lakukan langkah #4 dan #5.

Sekarang gw bisa coba sendiri di mobil sekalian isi waktu di hari minggu.

Download : SAPGUI for Java Linux 720rev4


Setelah SAP menghapus link download SAPGUI for Java dari FTP server mereka, beberapa user tidak bisa leluasa untuk mendownloadnya lagi.

Silakan mendownload lewat link berikut : http://rapidshare.com/files/433986525/PlatinGUILNX_4-10006060.JAR

Selamat mendownload !!

 

Set date time on Linux Ubuntu via command line


Sometime we need to set our linux date time without having touch the desktop. We can do it via remote ssh / telnet.

Syntax :

#date mmddhhyyyy.ss

For instance, to set the date/time for May 19th, 2007, 6:00pm (and 0 seconds), you would type:

#date 051918002007.00

Now you can set date time via command line.

Generate Solman Key easily


You don’t have SAP Solution Manager system but you need solman key ?

You can have it, just click here (http://inaroka.co.cc/?p=191).

Berburu spare part kendaraan di Pusat Onderdil Kedungdoro


Hari Minggu kemaren kebetulan, mobil panther gw akan dicek. Gw pikir sekalian aja ganti filter solar (fuel filter) dan filter udara (air filter). Agar mendapatkan harga yang murah untuk spare part tersebut, sekalian aja gw berangkat ke Kedungdoro yang terkenal sebagai pusat onderdil kendaraan roda empat di Surabaya.

Tempat pertama yang gw tuju adalah SBK Motor II (tempat gw membeli spare part bendix starter – part dinamo starter). Gw mengira harganya sekitar 40 – 50an ribu. Setelah sampe, terlihat toko cukup ramai. Gw tanya harganya langsung.

“Mas, ada filter solar ?”

“Ada”

“Berapa ?”

“20”

Dalam hati gw kok murah banget ya. Trus gw sekalian tanya harga filter udara untuk Panther 2.3

“35”

Trus gw juga sempat nanya juga harga filter oli. Ternyata harganya cuma 28 ribu. Wah, ternyata gw dikibulin sama bengkel kemaren pas ganti oli. Mereka jual filter oli seharga 47 ribu. Kayaknya gw mesti berpikir ulang strategi untuk ganti oli serta ganti-ganti filter. Mending gw belanja sendiri ke Kedungdoro lalu dibawa ke montir langganan aja untuk dikerjakan. Lebih murah dan lebih meyakinkan.

Bengkel Widhia Motor (Mulyosari) serta bengkel SAS (Mulyosari) masuk dalam daftar blacklist gw…

Akhirnya filter solar dan filter udara ditebus dengan harga 55 ribu. Itu spare part original lagi.

Weekend lagi….


Gak terasa udah weekend lagi…

Hari ini enaknya ngapain yah ? Kayaknya sih tadi udah ada beberapa plan. Hari ini acaranya mau ngebersihin filter udara (air filter) kucing gue. Kayaknya ntar mau tak copot dan dibawa ke tukang angin. Biar dibersihin pake kompressor udara. Jadinya lebih bersih. Kemaren-kemaren sebenarnya udah pernah dibersihkan tapi blom maksimal.

Next step sebenarnya waktunya ngganti filter solar (fuel filter) sama ngebersihin pompa solar. Kayaknya udah banyak sedimentasi kotoran.

Besok rencananya mau ngajak anak jalan-jalan. Pengen jalan-jalan ke Kebun Bibit lagi ato mau cariin sepeda kecil. Aisya kebetulan lagi suka sama sepeda. Udah punya sepeda sendiri tapi seringnya naik sepeda anak tetangga dan nggak mau mbalikin :(…

 

Susahnya cari DBA SQL server :(


Kantor gue lagi cari DBA (https://ardhian.wordpress.com/2010/08/05/lowongan-kerja-database-administrator-pt-wings-surya/). Carinya udah dari sebelum lebaran, tapi anehnya sampe sekarang blom ada tanda-tanda bakal keisi.

Apa memang sedemikian susahnya cari DBA ? Kalo gue review lagi dari requirement-nya sih gak terlalu menuntut yang aneh-aneh. Tidak menuntut untuk jadi “superman” juga…

Ato mungkin di Surabaya dan sekitarnya udah gak ada yang berminat jadi DBA yah…?? he..he….

Well, setidaknya gue tunggu aja deh…

Transfer ke rekening BTN


Hari Jum’at yang lalu saya ada rencana untuk ke ATM. Kebetulan Bank tempat saya menyimpan uang tergabung dalam jaringan ATM Bersama dan ATM Prima. Saya mau transfer ke beberapa bank dan beberapa rekening.

Sebelumnya saya sudah memastikan bahwa bank-bank tujuan transfer masuk dalam jaringan ATM tersebut. Bank pertama yang menjadi target transfer adalah Bank CIMB Niaga. Bank ini masuk dalam jaringan ATM bersama dengan kode 022. Saya transfer ke 3 nomer rekening. Transfer berjalan dengan sukses.

Transfer berikutnya adalah ke rekening di BCA. BCA tergabung dalam jaringan ATM Prima. Transfer berjalan dengan sukses.

Transfer berikutnya adalah ke rekening Bank Tabungan Negara (BTN). Seingat saya BTN tergabung dalam jaringan ATM bersama. Rekening di BTN digunakan untuk membayara cicilan KPR saya. Saya buka layar kode bank halaman pertama, BTN tidak terdapat di layar. Saya buka halaman berikutnya, masih tidak ada juga. Saya buka halaman terakhir. Lho….kok masih gak ada ya ? Kok aneh ?
Setelah berkali-kali dilihat dan masih belum ketemu, akhirnya saya batalkan niat untuk transfer ke BTN.

Setiba di rumah, saya buka internet dan cari di google. Ternyata BTN tergabung ke jaringan ATM bersama dengan kode bank 200. Dengan berbekal info tersebut saya kembali mencoba untuk transfer dan sim salabim…ajaib, ternyata memang kode bank BTN 200, tapi anehnya kok tidak ada di daftar ya ? Akhirnya transfer berjalan dengan sukses.

Membangun Linux wokstation dengan authentifikasi AD Windows Server


Berangkat dari kebutuhan untuk membuat workstation umumdi setiap departemen yang bisa digunakan untuk akses internet. Internet dibatasi dan hanya bisa diakses melalui terminal tersebut. Untuk menghindari berjangkitnya virus, spam, malware, maka PC-PC berbasis Windows tidak diberikan akses internet langsung. User-user yang ingin pake internet bisa memakai PC yang berbasis Linux itu.

Secara kebetulan, akses ke setiap PC sudah memakai Active Directory (AD) berbasis Windows Server, sehingga mau tidak mau dan agar tidak repot-repot membuat user lagi di sisi Linux nya maka dibuatlah agar PC Linux itu bisa menggunakan authentifikasi AD yang ada.
(more…)