Home » Business » Langkah-langkah migrasi ke Linux – Best Practice

Langkah-langkah migrasi ke Linux – Best Practice

Pages

November 2009
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,754 hits

Archives

Pengunjung


Seringkali kita mendengar yang namanya migrasi operating system. Beberapa perusahaan baik besar, menengah, sampai kecil, baik pemerintah, NGO, maupun swasta yang melakukan migrasi dari Windows ke Linux. Perusahaan cenderung ingin mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian software selama ada padanan software Free atau Open Source yang lumayan mumpuni dan mampu menggantikan software propietary.

Salah satu yang dimaksud dengan migrasi adalah migrasi dari Windows ke Linux. Dari pengalaman kami di Kios Linux dalam menangani migrasi Windows ke Linux ada beberapa langkah yang bisa diambil garis besar maupun benang merahnya, yaitu :

  1. Mengenali dan melakukan analisis terhadap keadaan sistem saat ini. Apakah sistem operasi yang dipakai sudah licensed atau belum ? Bagaimana dengan aplikasi perkantorannya (office application) ? Bagaimana dengan program-program lain ? Berapa jumlah komputer yang akan dimigrasikan ?
  2. Dari langkah 1 akan dicoba untuk disimulasi dengan memakai software open source seperti Linux, Open Office, dan lain lain. Termasuk aplikasi yang mesti jalan di Windows, apakah bisa diemulasikan  atau mesti di-porting alias dipindahkan.
  3. Selanjutnya adalaha membuat perencanaan sesuai data langkah no 1 dan no 2. Langkah perencanaaan ini perlu untuk mendapatkan estimasi kapan migrasi dapat dilaksanakan dan tidak mengganggu proses kerja sehari-hari.
  4. Langkah yang tidak kalah penting adalah melakukan backup data sebelum melakukan migrasi. Backup data ini perlu dilakukan karena seringkali dijumpai file-file yang ada tidak dapat dibuka karena corrupt atau terjadi kegagalan pada saat migrasi.
  5. Langkah berikutnya adalah melakukan migrasi itu sendiri, mulai dari instalasi OS Linux, melakukan setting printer dan jaringan, melakukan konversi data apabila diperlukan dan setting-setting lain. Permasalahan-permasalahan biasanya perlu dicari solusinya akan muncul di sesi ini.
  6. Langkah berikutnya adalah restore data yang telah dibackup sebelumnya. Troubleshot mungkin akan diperlukan apabila terjadi masalah terutama konversi.
  7. Langkah selanjutnya adalah melakukan pelatihan untuk penggunaan sehari-hari dan melakukan pendampingan. Pelatihan bisa juga ditaruh di awal tahap migrasi untuk memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengenali dan familier terhadap lingkungan kerja yang baru. Pendampingan juga sangat penting agar secara psikologis pengguna merasa nyaman dan tahap migrasi dan ada yang memberikan bantuan apabila ada kesulitan.
  8. Langkah selanjutnya adalah bisnis dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Langkah-langkah migrasi tersebut adalah berdasarkan best practice dan pengalaman tim Kios Linux dalam membantu klien dalam migrasi Windows ke Linux. Sampai saat ini cukup banyak perusahaan yang telah kami bantu termasuk perusahaan di Sidoarjo, Margomulyo – Surabaya, Manyar – Gresik, dan Surabaya sendiri.

Apabila Anda memerlukan presentasi dari kami tentang migrasi Linux, kami siap dihubungi.

Contact Person :

Bpk. Ardhian
Kios Linux
Perum Sukolilo Park Regency J-20
Keputih, Sukolilo
Surabaya
Telp : 031-70695540
Email : devratt@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: