Home » UNIX » AIX » Instalasi Dialog Instance SAP ERP 6.0 SR3 selesai

Instalasi Dialog Instance SAP ERP 6.0 SR3 selesai

Pages

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,582 hits

Archives

Pengunjung


Setelah berkutat dengan instalasi, manual book, puluhan SAP Notes, dan caci maki dengan SAP Global Support akhirnya instalasi Dialog Instance SAP ERP 6.0 SR 3 gue berhasil dengan sukses.

Cukup menguras emosi dan tenaga. Saya musti buka-buka puluhan SAP Notes. Message yang gue kirim ke SAP pun tidak banyak membantu. SAP Global Support tidak membantu sama sekali. malah suruh ngecekin settingan JAVA_HOME. Padahal udah jelas-jelas gue kirimin settingan environment dan log instalasi yang gagal. Malah keukeh ingin konek lewat Windows Terminal Service. Malah gue minta agar status message dinaikkan sampai High baru mereka merespon.

Mengenai penyebabnya sih sampai saat ini gue juga belum tahu. Gue curiga di 2 hal, yaitu program sapinst dan file control.xml. Program sapinst memang ada yang baru. Baru direlease tanggal 17 Juli 2009. Gue curiga karena SAP Global Support lama banget nggak memberikan respon sebelum tanggal itu. Kecurigaan kedua adalah masalah control.xml. Kenapa demikian ? Karena saat gue tes pake Installation Master milik SR1 so far so good. Gak ada masalah tuh soal JAVA_HOME.

Masalah bisa selesai karena gue coba paksain creat user dan group lewat prerequisite. Program prerequisite memeriksa profile dari DB instance bukan dari direktori /sapmnt/[SID]/profile tetapi lewat direktori /usr/sap/[SID]/SYS/profile. Terpaksa NFS gue ubah. gue mount /sapmnt/[SID] dan /usr/sap/[SID] agar host Apps1 bisa membaca direktori /usr/sap/[SID]/SYS/profile. Kalau gue baca sharing /usr/sap, profile nya tidak berhasil dimount karena berada pada mounting point yang berbeda.

Lewat installation master SR1 gue bisa juga install tuh Dialog Instance. Kernel tetap ikut server DB sehingga mendapatkan yang terbaru.

Morale Story : Still SAP Global Support sucks !!!!


Leave a Reply

