Home » Article » Password user SAP* dan DDIC

Password user SAP* dan DDIC

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,509 hits

Archives

Pengunjung


Pada saat instalasi SAP IDES baik R/3 4.7 maupun ECC 6.0 selalu diminta untuk memasukkan password untuk user SAP* dan DDIC. Password user SAP* dan DDIC ini digunakan untuk mengakses client 800 (client default IDES). Selama ini dari pengalaman saya belum pernah ada masalah tentang password ini.

Namun, kemaren pada saaat instalasi SAP IDES ECC 6.0 ada kejadian aneh. Password user SAP* dan DDIC tidak dikenali. Saya coba memasukkan beberapa kali tetap tidak dikenali. Yang ada malah usernya akhirnya ke-lock…:(…Waduh, mana dua user ini adalah super user…he..he..

Akhirnya harus pakai cara kasar deh…

User SAP* adalah user istimewa yang tidak hanya tersimpan dalam database SAP, namun ter-hardcode ke dalam kernel SAP. Saya cek di profile. Parameter login/no_automatic_user_sapstar masih di-set 1 artinya apabila user SAP* dihapus dari sistem maka user SAP* tidak akan ter-create secara otomatis. Agar ter-create secara otomatis, maka parameter saya ubah dari 1 menjadi 0. Dan saya menggunakan Oracle Enterprise Manager untuk menghapus user SAP* yang terdapat dalam database dan client 800.

Catatan : Anda juga bisa menggunakan SQL plus untuk menghapus user SAP* dari database. Ingat !! yang dihapus hanya user SAP* di client 800.

Setelah itu, saya me-restart instance SAP. Saya coba login ke client 800 dengan user SAP* dengan password default PASS. Dari situ saya bisa membuat user-user lain dan mengubah password user DDIC.

Morale Story : Hati-hati dengan user SAP* dan parameter login/no_automatic_user_sapstar. Pastikan tidak ter-set 0.


3 Comments

  1. Raffaell says:

    Weuh mantapss tutorial install ides step by step nya dong, hehehe

  2. ardhian says:

    lha…situ kan lebih ahli daripada saya😀

    Step by step instalasi menyusul

    ardhian

  3. yono says:

    Pak, minta step by stepp installation dan source nya donk…
    Terima kasih

Leave a Reply

