Home » Article » Ada apa dengan installer SAP ECC 6.0 yang dikirim oleh SAP ?

Ada apa dengan installer SAP ECC 6.0 yang dikirim oleh SAP ?

Pages

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 346,176 hits

Archives

Pengunjung


Minggu lalu saya sempat memesan installer SAP ECC 6.0 for AIX yang akan digunakan untuk PT/pabrik baru milik company saya. Saya lupa harusnya saya pesan juga untuk SAP ECC 6.0 IDES version-nya sekalian. Tapi gak apa-apa lah toh saya akan coba install IDES version yang untuk versi Windows. Saya coba download SAP InstallationMaster, RDBMS Oracle 10g, Oracle 10g Patch, dan SAP Kernel 7.00 untuk Windows. Setelah DVD set installer pesanan datang, dan saya mendapatkan resource komputer untuk install, saya mulai install.

Tapi aneh bin ajaib, pada saat saya jalankan sapinst.exe ….ternyata kok tidak ada pilihan SAP Systems. Pilihan ini untuk install Central Instance dan Database Instance. Yang ada malah Rapid Configuration dan Software Life-Cycle Options. Tapid Configuration hanya mengatur soal Self Services (digunakan oleh modul HR) dan yang lain rata-rata adalah Add-On. Saya berpikir apakah saya salah mendownload set installation master-nya. Akhirnya saya coba untuk memakai Installation Master dari DVD yang dikirimkan oleh SAP. Ternyata sama saja. Pilihan SAP Systems juga tidak ada….kok aneh ya ??

Saya juga pernah minta Set installe IDES untuk ECC 6.0 ini untuk company lama. Versinya pun masih SR1, sedangkan yang terbaru ini sudah SR3. Akhirnya saya coba saja Installation Master dari set SR1 dan ajaib, ternyata pilihan SAP Systems ada. Saya copy installernya dan coba jalankan.

Sempat menemui beberapa error dan hambatan namun akhirnya SAP IDES ECC 6.0 bisa juga dijalankan. Namun dalam pikiran saya masih bertanya-tanya… Ada apa dengan installer SAP ECC 6.0 yang dikirim oleh SAP ?

Saya sempat bertanya kepada teman-teman konsultan Basis. Mereka belum pernah mengalami kasus seperti saya. Lalu ???


5 Comments

  1. prehatanto says:

    Bisa minta copynya ? Saya ingin belajar.

    Terima kasih.

  2. mr. koplo says:

    Sorry bro, sepertinya aku pernah mengalami hal yg sama. Mudah2xan bisa diambil pelajaran dari kasus ku, walau tidak 100 % sama, paling tidak mirip. Saat itu aku pengen install SAP Netweaver SR3 di Windows Server 2003. Nah saat klik sapinst.exe yg muncul hanya system copy, sementara central system ga nongol. Selidik punya selidik, ternyata SAP Netweaver SR3, cuman bisa jalan di mesin 64 bit. Akhirnya aku cari DVD versi yg di bawah nya SR2 dan SR1, dan ternyata ada central systemnya. Gitu bro kasus yg aku alami.😉

  3. ardhian says:

    @mr. koplo :
    Yup, emang dari SAP Notes ada keterangan kalo SAP ECC 6 SR 3 udah gak support untuk instalasi di 32 bit. Cuma support 64 bit.
    Sebenarnya masih tetap bisa untuk diinstall di mesin 32 bit, cuma step-step nya lumayan rumit, pake system copy segala.

    ardhian

  4. yatna says:

    saya juga mengalami kasus yg sama, apa ada pengaruhnya klo kita install SAP 32 bit sedangkan oracle kita 64 bit karena saya sudah install oracle terlebih dahulu.. mohon penjelasannya..

  5. ardhian says:

    @yatna :

    SAP 32bit hanya bisa diinstall di mesin/hardware 32 bit. Jadi oracle nya juga mesti yg 32 bit

    ardhian

Leave a Reply

