Home » Article » SAP : Buku – buku untuk seorang Basis

SAP : Buku – buku untuk seorang Basis

Pages

May 2007
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,582 hits

Archives

Pengunjung


Saya sering ditanya temen-temen Basis yang lain.

“Eh, loe punya resource buku-buku ato ebooks tentang BASIS dan SAP nggak ? ”

Ada sih beberapa. But kopian juga alias gak asli. Di Indonesia susah banget cari resource tentang SAP dan Basis berupa buku-buku textbook. Karena memang kebanyak terbitan luar dan di internet pun gampang-gampang susah untuk nyari ebooks-nya.

Ini saya kasih foto buku-buku SAP yang saya punya (just for private collection, not for sale).

Buku pertama…

Buku tentang SAP System Administration terbitan SAP Press. Isinya bagus sekali untuk ritual Basis sehari-hari..(Emang Basis pake ritual segala yah ?? )…:D

Buku keduanya yang ini :

Buku yang ini sangat saya rekomendasikan untuk Basis karena didalamnya memuat tentang bagaimana metode-metode dalam meng-analisa, meng-identifikasi masalah dalam SAP, mencari solusi yang sering terjadi didalam server SAP. Sebenarnya buku ini juga buat ABAP-er juga karena ada bagian yang membahar tentang trace program ABAP dan optimasinya walaupun gak banyak.

Selain itu, seorang Basis harus sering-sering maen ke situs SAP Service Marketplace (http://service.sap.com) untuk mencari informasi SAP Notes yang relevan dengan sistem SAP Anda. Sering-sering juga maen ke situs SAP SDN (http://www.sdn.sap.com). Situs SDN sangat bagus karena didalamnya berisi forum, informasi terbaru dari SAP, dan weblog-weblog dari berbagai komunitas SAP. Keduanya adalah situs resmi SAP.

Semoga membantu.

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com) dan menjalankan bisnis training linux privat. Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


8 Comments

  1. hendra says:

    belinya di mana, ngak papa kopian juga

  2. ardhian says:

    Kalo beli aslinya, harus di luar negeri pak. Di Indo, saya kurang tahu..ada ato nggak-nya ??

  3. TETSU says:

    kalo d internet carinya d mn ya?

  4. ardhian says:

    Kalo di internet, bisa pesan di http://www.sappress.com atau http://www.amazon.com

    ardhian

  5. bayoe says:

    gw mo belajar SAP FICO dimana ya ?

  6. Ari says:

    aloow mas ardhian
    saya bole tnya donk, bisa ga dpetin copyan ke dua buku tersebut? brp harganya? soalnya saya mau memperdalam lgi ilmu basis SAP nya,selama 1 bulan go live SAP di kantor saya, saya masih bingung cri refrensi buku sap basis…nah kebetulan liat blog ini, bisa ga mas ardhian membantu saya

    terima kasih

  7. fazli says:

    saya baru kerja dan baru mengenali SAP system, bolehkah saya dapatkan buku untuk rujukan meningkatkan kemahiran saya. Bagaimana ya boleh bantu.

  8. MdarulM says:

    Di Indonesia, masih susah ya nyari referensi buku tentang SAP dengan bahasa Indonesia…?

Leave a Reply

