Home » 2007

Yearly Archives: 2007

Input untuk naskah Buku “Panduan Praktis Migrasi Linux bagi pengguna sistem ERP SAP”


Saya pribadi sedang menulis draft naskah buku yang diberi judul “Panduan Praktis Migrasi Linux bagi pengguna sistem ERP SAP R/3”. Naskah sudah hampir selesai (95%). Minggu lalu, saya sudah coba tawarkan kepada penerbit. Hari ini, saya baru terima balasannya. Mereka tidak bisa menerima naskah buku saya karena alasan bahwa tulisan tentang linux kurang menjual. Saya disarankan menulis tentang hal lain.

Sebenarnya tujuan saya menulis adalah untuk membantu para pengguna sistem ERP SAP R/3 yang ingin bermigrasi ke Linux. Saya coba buat secara step by step dan mudah diikuti.

Sempat terlintas untuk menyebarkan secara underground saja tanpa melalui penerbit. Jadi konsepnya, yang ingin membeli tinggal transfer ke rekening saya, nanti buku saya kirim ke alamat yang bersangkutan. Gimana yah…?? 🙂

Mungkin ada rekan-rekan yang ingin memberikan saran. Saya akan dengan senang hati menerimanya. Atau mungkin ada rekan penerbit yang berminat menerbitkan naskah saya. Saya akan senang sekali..

Saya tunggu tanggapan, saran, dan kritik dari rekan-rekan semua.

Transformasi


Proses pindah rumah sekaligus transformasi dari hosting gratisan, Ardhian Linux Shop (http://linux-shop.siteburg.com) menjadi Kios Linux dot com (http://www.kioslinux.com) sudah hampir selesai.

Untuk saat ini kedua situs, masih bisa diakses dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk memesan CD/DVD Linux yang tersedia. Ke depannya, situs yang di hosting secara gratisan akan ditutup secara perlahan. Namun itu masih dalam proses sosialisasi situs baru.

Bagi pelanggan Ardhian Linux Shop, silakan mendaftar kembali ke Kios Linux dot com. Selamat berbelanja.

Rencana “pindah rumah”


       Pindah rumah lagi ?

Ho…ho…ho….it’s not like what you’re thinking. Saya berencana memindahkan hosting situs Ardhian Linux Shop sekaligus memberikan nama (alias domain). Dari dulu saya memang ingin menyewa hosting namun masih tersendat.

Beberapa waktu lalu hosting tempat saya menaruh Ardhian Linux Shop sempat down untuk beberapa saat. Maklum, hosting dan domain gratisan….jadi kadang-kadang suka down tanpa sebab. he..he…he..

Sementara ini masih dalam proses transisi. Domain dan hosting lama tetap dipakai.  Atau Anda ingin bekerjasama dengan saya…menyumbangkan hosting dan domain. Saya welcome kok…

Menjadi sponsor kegiatan linux corner


Beberapa waktu lalu (sebelum libur Idul Fitri), saya ditawarin oleh seorang teman untuk menjadi sponsor kegiatan linux corner yang diadakan oleh kampusnya dalam rangka Dies Natalis kampus tersebut. Mulanya agak ragu juga…lha wong, Ardhian Linux Shop merupakan usaha kecil…(kecil banget barang kali…:D)…

Namun, istri saya menyarangkan untuk mengambil kesempatan ini. Hitung-hitung untuk memperkenalkan usaha saya dan sebarin linux…he..he..

Nah, sekarang dalam status mempersiapkan CD-CD linux yang nantinya akan dibagikan secara gratis dalam acara yang diadakan oleh kampus tersebut. Beberapa diantaranya adalah distro-distro terbaru dan mudah digunakan oleh para newbie sekalipun. Maksudnya yang baru kenal linux…

Jadi kalau Anda ketemu dengan pembagian CD linux gratis…mungkin itu dari saya…

Membiasakan diri menulis


Menulis di blog terkadang susah juga. Apalagi kalau ingin agar menulis secara teratur. Paling tidak 1 tulisan per hari. Ada saja alasan yang dibuat :D…sibuklah..gak ada ide-lah…

O iya, saya juga baru saja membuat blog baru lagi. Alamatnya disini (http://sapbasis.wordpress.com). Isinya so pasti tentang SAP secara umum dan lebih banyak berbicara soal Basis. Ada tips dan trik. Macam-macam…Trus, saya juga membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris. Maaf ya kalo Inggrisnya masih katro‘..(wong ndeso)…kata mas Tukul

Saya berusaha untuk membiasakan diri untuk menulis setiap hari. Just wish me have a time to write it.

Bikin Local and customized Ubuntu repositori


Semua pengguna Ubuntu pasti pernah mengalami hal ini…semoga tutorial ini membantu.

Ubuntu lama itu udah banyak terinstall program tambahan kaya mc, inkscape, koffice, dst. Dan…sayang kan kalau setelah fresh install ubuntu terus kita mesti install aplikasi tambahan lagi satu demi satu dengan mengambil repo yang di internet. Mendingan cache bekas installan di ubuntu lama kita manfaatkan. Kita jadikan local repossitory. Gimana? Ide bagus kan? Okeh mari kita mulai bikinnya.

BIKIN LOCAL REPO

pertama
Masuk ke ubuntu lama. Copy file-file di folder ‘/var/cache/apt/archives’ ke suatu tempat. Misalnya ke usb flash disk dan disimpan di folder repo.

kedua
Install ulang ubuntunya. Fresh install kan?

ketiga
Setelah install selesai copy file yg tadi disimpan flash disk ke direktory, misalnya ‘/home/ardhian/Desktop’. Hingga hasil ahirnya jadi gini ‘/home/ardhian/Desktop/repo’

keempat
install program bantuan agar proses ‘dpkg-scanpackages..’ bisa di execute. Nama programnya dpkg-dev. Hanya di komputer dimana proses bikin local repo dilaksanakan;

ardhian@ardhian-desktop:~$ sudo apt-get install dpkg-dev

kelima
Buat file Packages.gz. Caranya masuk ke direktory yg membawahi folder repo lalu jalankan perintah scanpackages;
ardhian@ardhian-desktop:~/Desktop$ cd /home/ardhian/Desktop
ardhian@ardhian-desktop:~/Desktop$ sudo dpkg-scanpackages repo /dev/null | gzip -9c > repo/Packages.gz

Jangan ada salah ketik. Bahkan penempatan spasi harus tepat. Hasilnya akan terlihat seperti ini:
** Packages in archive but missing from override file: **
adesklets amaya apport apport-gtk arts atlantik avidemux blinken
capplets-data clamav clamav-base clamav-freshclam dansguardian
dosbox edict enscript fb-music-high ffmpeg firehol fluxbox frozenWrote 305 entries to output Packages file……

Selesai.

Di folder ‘/home/ardhian/Desktop/repo’ disamping dipenuhi file *.deb sekarang ada file baru dengan nama Packages.gz. Local repo siap digunakan. Tinggal setting di komputer yg akan memanfaatkan repo ini.

SETTING DI KOMPI PEMAKAI
Edit file ‘/etc/apt/sources.list’. Edit dengan cara ngasih tanda pagar di awal baris untuk tiap-tiap alamat repo yg gak kepakai lalu tambahkan baris berikut;

deb file:///home/ardhian/Desktop repo/
(menuliskan nama folder yg berisi repo harus pake spasi dan di tutup dengan tanda ‘/’)

Update repo;
suda apt-get update

Setup selesai. Install-install program yg dahulu ada di ubuntu lama sudah bisa dimulai. Kecepatannya pasti luar biasa karena reponya ada di local.

taken from http://linux.or.id/node/1672.

Weblog sebagai business support


Fungsi weblog atau lebih dikenal dengan blog sangat beragam. Tergantung pembuat dan pengelolalnya. Ada yang berfungsi sebagai sarana aktualisasi diri (menunjukkan eksistensi), diary, sarana berdiskusi dan berinteraksi, tutorial, dan yang tidak kalah pentingnya adalah sarana untuk berbisnis.

Fungsi bisnis dalam blog sendiri bisa dikategorikan menjadi 2, yaitu blog sebagai sarana bisnis murni dan blog sebagai sarana pendukung bisnis. Bagi saya, blog juga berfungsi sebagai sarana pendukung bisnis pribadi. Kebetulan saya memiliki situs e-commerce yang berjualan CD dan DVD Linux, konsultasi migrasi linux, konsultasi SAP R/3. Situs saya maintain disini (http://linux-shop.siteburg.com).

Beberapa customer saya membeli produk dan jasa kami setelah membaca artikel-artikel dalam blog saya.

so…my weblog content is suppporting my business

Jadi bagi Anda yang belum memiliki blog, silakan buat blog Anda masing-masing….bermanfaat kok.

Looking forward to the End of rainbow


Setiap orang berhak untuk menentukan jalan hidupnya masing-masing. Jangan sampe memberikan sesuatu yang kurang baik bagi pihak lain.

Everyone has its own end of rainbow, don’t they ?

Well…I’m looking forward my own end of rainbow. Just like everyone else.

Saya berusaha untuk terus berusaha mengasah kemampuan diri terutama dalam SAP Basis dan Linux. Keduanya memberikan saya hal-hal yang sangat menyenangkan dan luar biasa.

Try to be faster than everyone else. 

Saat kita belajar sesuatu bersama-sama dengan orang lain. Belajar hal yang sama, dengan porsi yang sama maka akan sangat menyenangkan apabila kita lebih dulu mencapai akhirnya. Belajar SAP Basis, mengetahui tips dan trik, menambah jam terbang, pengalaman…

So…start searching your own end of rainbow, guys !!

To My Lovely Wife


Karena tidak ada jodoh yang sempurna
Karena Tuhan telah menciptakan mahluknya berpasang-pasangan
Karena cinta akan datang dengan sendirinya
Karena cinta mungkin hilang tapi cinta sejati tak lekang oleh waktu
Karena cinta yang akan selalu tumbuh dan mekar

Karena aku telah berjanji sehidup semati denganmu
Karena aku mencintaimu, Dinda

Pernikahan adalah sebuah tahap dalam kehidupan manusia. Hampir semua kita sepakat bahwa di fase awal pernikahan akan selalu banyak cerita, banyak kisah menggelitik, banyak proses adaptasi yang kadang memang tak mudah. Banyak hal yang kami – aku dan istriku – pelajari….mengenai….

  1. Mengenali diri dan pasangan kita luar dan dalam.
  2. Apa saja kesukaan dan kebiasaan2 dia, kemampuan2 apa saja yang menonjol darinya

  3. Mengenali & Bergabung dengan keluarga dan sahabat pasangan
  4. melalui acara2 formal maupun nonformal atau hanya sekedar menghafal nama kerabat dan sahabat berserta semua kisah2nya ) ..Ini yang kadang susah, saya orangnya pendiam, kadang bingung mau ngomong apa dan takut nggak nyambung )

  5. Melatih diri dengan kebiasaan2 baru
  6. seiring dengan bertambahnya tugas dan tanggung jawab

  7. Melatih cara komunikasi yang efektif
  8. tau saat yang tepat untuk berbicara, memilih bahasa yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu agar pasangan tidak salah faham & tersinggung

  9. Bijak mengelola keuangan
  10. menentukan prioritas pengeluaran, tabungan, hutang piutang, resiko

  11. Manajemen problem
  12. menyepakati cara diskusi yang paling disukai, termasuk cara mencari jalan keluar D …Masih suka gontok-gontokan..:(

  13. Manajemen emosi
  14. mengetahui sikap apa yang harus diambil saat pasangan sedang dalam keadaan emosi, ntah karena banyak pikiran, atau justru karena sebel sama kita, hehehe D Biasanya pasangan kita sudah tau resep mujarab meredakan amarah kita P Nah untuk sisi kreatif nya perlu dikembangkan terus

  15. Mengatur jadwal/agenda bersama
  16. menyesuaikan kesibukan masing2, untuk mencari waktu yang tepat hanya untuk sekedar berpacaran berdua keliling kota, nongkrong makan siomay berdua, dan bercerita tentang indahnya dunia sambil menikmati bintang2 di langit, atau mencari waktu yang tepat untuk memilih perabot

  17. Menyesuaikan dan mencari keselarasan dalam selera
  18. berkaitan dengan masakan, memilih jenis tanaman, memilih warna cat rumah, memilih perabot, memilih channel TV, memilih DVD, hehehehe memang kami masih suka berebut P

  19. Belajar legowo dan sabar
  20. aha.. ini yang paling berat ;)

Taken from friends’ blog (anonymous… P )

SAP : Instalasi miniWAS 6.20 Part 4


Dari 3 artikel sebelumnya, Anda sudah belajar untuk instalasi server miniWAS 6.20, instalasi miniGUI, setting konfigurasi miniGUI, serta mengakses miniWAS 6.20 menggunakan miniGUI. Server miniWAS 6.20 menggunakan software database SAP DB. Saat ini SAP DB menjadi bagian dari MySQL AB.

Untuk melakukan administrasi server database SAP DB, kita bisa memakai SAP DB Database Manager. Melalui SAP DB Database Manager, kita bisa me-maintain data file, log, melakukan backup dan restore, dll.

Sedangkan untuk melakukan query kedalam database langsung, kita bisa memakai SAP DB SQL Studio.
Nah, pada artikel ini kita akan melakukan instalasi SAP DB Database Manager. Masuk kedalam direktori C:\minisap\cd_1\SAPDB\NT\i386\SETUPS. Klik file DBM74.

Klik Next.

Layar selanjutnya akan menanyakan lokasi dimana SAP DB Database Manager akan diinstall. Pilih saja default. Klik Next.

Layar selanjutnya menanyakan pilihan kelompok menu. Pilih default dan klik Next.

Klik Next untuk layar konfirmasi.

Proses instalasi sedang berjalan.

Klik Finish.

Mudah ‘kan ? Oke, sekarang lakukan langkah yang sama untuk SAP DB SQL Studio.

Artikel berikutnya akan membahas cara untuk mengkonfigurasikan SAP DB Database Manager agar bisa terhubung dengan server database SAP DB. Tunggu saja yah..

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com) dan menjalankan bisnis training linux privat. Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.