Home » UNIX » BSD Family » Startup Company…my dream (re-thinking)

Startup Company…my dream (re-thinking)

Pages

June 2006
M T W T F S S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,509 hits

Archives

Pengunjung


Dalam artikel saya sebelumnya, saya mengutarakan unek-unek untuk bisa mendirikan startup company. IT company, of course..Tulisan saya memang masih sangat-sangat umum dan biasa. Terima kasih atas comment saudara Haydin. Motivasi saya menjadi lebih tinggi sekarang untuk membuat startup company.

Well, saya memang masih akan terjun ke dunia usaha. Dan saya tidak mau dengan semangat yang setengah-setengah. Saya harus sepenuh hati dan semangat tinggi untuk memulainya. Mungkin dengan modal nekad juga..:)

Daftar pertanyaan yang harus saya jawab :

  1. Apakah saya siap untuk memulai usaha ?
  2. Bidang IT apa yang akan saya tekuni dan saya geluti ?
  3. Bagaimana dengan modal usaha ?
  4. Bagaimana dengan kondisi pasar ? lokal ? nasional ? (jika mungkin) internasional ?
  5. Bagaimana dengan kompetitor di pasar ?
  6. Bagaimana dengan segmentasi pasar ?
  7. Bagaimana posisi produk kita di pasar ?
  8. Bagaimana dengan kemungkinan bekerjasama dengan investor dan partner ?
  9. Bagaimana dengan operasional perusahaan nantinya ?
  10. Bagaimana dengan riset dan pengembangan produk serta servis kita ?
  11. Dengan modal seperti no 3, bagaimana dan kapan kita akan BEP ?
  12. Kapan kita akan memulai usaha ? sekarang ? besok ? minggu depan ? bulan depan ? tahun depan ? 2 tahun lagi ? 5 tahun lagi ?

Saat ini saya sedang merumuskan itu jawaban-jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan diatas. Satu hal yang pasti, saya bisa, harus bisa, dan pasti bisa !!. Saya sangat terbuka untuk saran-saran dari rekan-rekan, senior-senior yang telah terjun ke dunia usaha sebelum saya. Saran dan kritik sangat saya harapkan.

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


1 Comment

  1. Saran saya mulai saat ini saja, saya lihat mas-nya punya kemampun linux yang lumayan. Start di consulting kecil-kecilan aja. Ga usah buru-buru, soalnya mas-nya sekarang berada dalam bidang yang lagi growing juga (SAP, infrastructure dkk). Yakin deh, insyaAllah pasti sukses

Leave a Reply

