Home » Article » Linux Experiment : Fedora Core 5 – stable and cool linux distro

Linux Experiment : Fedora Core 5 – stable and cool linux distro

Pages

May 2006
M T W T F S S
    Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,582 hits

Archives

Pengunjung


Fedora Project saat ini mencapai versi Fedora Core 5. Fedora Core 5 memiliki hardware detection yang sangat bagus, dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi open source yang sangat banyak. Cocok digunakan sebagai sistem desktop maupun server untuk small and medium business.

Bagi kantor maupun perusahaan yang mempertimbangkan migrasi ke open source, distro ini sangat layak dipertimbangkan. Karena distro Fedora Core ini merupakan turunan Redhat 9 yang telah terkenal kestabilan dan kemampuannya. Release versinya juga selalu uptodate dan kontinyu.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana instalasi distro Fedora Core 5 yang merupakan versi terbaru.

Seperti biasa ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, sbb :

  1. CD atau DVD Fedora Core 5 yang lengkap
  2. camilan kayak pisang goreng yang hangat, kacang, atau wafer…emmmm enak banget
  3. kopi, teh atau coklat panas

Sekarang mulai aja yah..Masukkan CD 1 atau DVD Fedora Core 5. Set BIOS agar boot order pertama adalah CD atau DVD ROM.

Untuk pilihan instalasi, boleh pilih grafis. Langsung tekan ENTER.

Pilih OK jika ingin melakukan checking media CD/DVD. Sebaiknya tidak usah dicek, jadi lebih menghemat waktu.

Instalasi akan kita jalankan dari CDROM.

Pemilihan bahasa yang akan digunakan selama instalasi. Default adalah English.

Pemilihan layout keyboard yang digunakan. Default adalah US English.

Pemilihan apakah akan melakukan instalasi sistem baru atau upgrade dari versi sebelumnya, misalnya Fedora Core 4. Saya memilih pilihan upgrade karena udah ada sistem Fedora Core 4 di HD saya.

Selanjutnya adalah disk partitioning. Hati-hati, jangan sampai salah.

Disk Druid untuk mempartisi disk.

Layar konfigurasi GRUB boot loader.

Saya tidak akan melakukan upgrade bootloader karena sudah ada sebelumnya.

Install bootloader di MBR.

Set IP Address, netmask, gateway, dan DNS server.

Konfigurasi Time Zone. Sesuaikan dengan daerah kita. Biasanya kita ikut Asia/JAKARTA. Langsung tunjuk menggunakan cursor mouse.

Pemilihan software yang akan diinstalasi.

Pemilihan paket secara detail. Selanjutnya adalah penambahan layanan bahasa yang akan digunakan pada desktop.

Instalasi Fedora Core 5 sedang berjalan. Setelah itu, silakan ambil CD yang ada didalam CDROM lalu restart PC.

Layar selamat datang First Boot.

Layar End User License Agreement (EULA).

Setting Firewall.

Setting Security Enhanced Linux (SE Linux ).

Setting Tanggal dan Waktu.

Setting monitor dan VGA. Hati-hati dalam melakukan setting resolusi.

Siapkan user biasa untuk Fedora Core. Satu saja dulu cukup. Nanti Anda bisa menambahkannya.

Deteksi soundcard, konfigurasi, dan testing.

Selamat Anda sudah berhasil instalasi Fedora Core 5. Wuihhh…udah cobain Ubuntu, Desktop BSD, PC BSD, sekarang Fedora Core 5….

Lain kali kita sambung lagi dengan tutorial lain…

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


28 Comments

  1. ndus says:

    penjelasannya kurang begitu detil, saya rasa biasa saja. coba kalo dijelaskan juga cara install pada pc yang sudah teristall windows xp misalnya, pasti akan lebih menarik. thks

  2. Arifian says:

    Mas Ardhian, mohon maaf sebelumnya, tapi saya masih bingung untuk memilih paket software yang harus diinstalasi dan bisa dijelasin gak kegunaan masing2 paket software

  3. ahmad says:

    langkah2 untuk isntalasi linux fedora ples

  4. dony says:

    trims banyak ya..

    boleh tanya kalau setting
    1. mrtg sudah lebih sederhana tidak
    2. antivirus (ex:clamav) sudah tersedia belum

    terimakasih

  5. dony says:

    terimakasih sudah mau berbaik hati membuat manual user nya.

    tanya lagi ya…
    1. settingan DNS (Domain Name server) Fedora kok lebih rumit dari pada redhat 9
    Tolong bagaimana setting DNS yang cepat dan sederhana di Fedora ya..
    2. bagaimana firewall nya ? mudah-mudahan lebih bagus
    3. boleh minta alamat email contact person nya

    viva Linux Forever dech…

    Terimakasih

    with regards

    Dony

  6. raka says:

    Thanx bwt tutorialnya! but penjelasan cara partisinya krg lengkap! Coz ak pernah instal pake 2 HD, satunya XP, satunya bwt Fedora tp bingung bagi partisinya. Please ajarin donk! Thanx bgt!

  7. xbedes says:

    mas..klo bisa lebih mendetail lagi dong,misalnya bagaimana instalasi squidnya atau instalasi wifi lan nya klo yang seperti ini keliatannya asal ngerti bahasainggris dikit dan nyabakan tinggal next aja tuch, karena saya pemula dan baru juga nyoba fedora 5 ternyata saya bisa install dengan mulus meski standar semuanya,mohon yg lebih detail lagi ya..thx,s sebelumnya

  8. Hendri says:

    Saya merasa senang dengan tanya jawab di web anda ini bukan hanya sekedar itu saja,….saya benar2 senang lain kali saya akan mengucapkan unexx2

  9. cempol says:

    mas saya baru kali ini instalasi linux. saya instal dua OS (linux & windows) Kenapa linux yang saya instal tidak bisa mendeteksi data yang ada di hardisk yang lain (saya ada 2 hardisk dan 4 partisi. 1 partisi untuk linux).
    kemudian cara setup printer gimana saya pakai canon IP4300.
    Thanks mas

  10. qnoy says:

    bisa maen shell ga’ /:) buat ini neh ,, command, segitu mah, anak tk bisa juga coi😀 lawong tinggal next next, baca dikit, eh jadi deh.. kalo anak tk,, kalo ga’ mau dia nginstal ulang lagi ..😀 hehehe sorry coi

  11. jeffri says:

    mas saya baru menginstal feodra core 5 nah untuk seting konfigurasi untuk jaringannya gimana yah ?? soalnya saya di kasih ama temen cuman source code squid nya aja tapi cara seting awalnya ngak dikasih bikinin dunk mas toturialnya

  12. Fiza Sharif says:

    Cuman mau terima kasih dan salut atas pengorbanan anda membuat dokumentasi ini.

  13. infohardy says:

    Nanya nih, kalau terjadi kesalahan setting Resolusi monitor gimana mbalikinnya… soalnya karena kesalahan itu fedora 7-ku jadi ngeblank waktu direstart.

    Kalau WinXp kita bisa masuk safe mode , di Linux gimana caranya?

  14. gaptek says:

    bro…tolingin dong…gw sebelumnya udah install windows XP dan udah ada instalasi ubuntu tapi entah kenapa setelah di utak atik ubuntu error gak bisa ketemu dual boot loadernya..

    akhirnya install fedora 5 dan skrg gw pake fedora..tapi sialnya gw gak bisa masuk ke wind XP karna gak ktmu boot loadernya..(lgsg masuk ke fedora ketika booting)

    tolong pencerahannya dong kawan2..
    sekedar informasi : waktu pilihan instalasinya gw pilih yg “remove linux partition on slected drives bla..bla.bla.) persis sama kaya di gambar kamu… tapi entah kenapa di gw gak ada tampilan pilihan membuat partisi dan buat boot loeader antara XP dan fedora..

    tolong di replay ya THX…

  15. mahdi aziz says:

    Install Fedora soal gampang. Yang pernah pake juga bisa. Tapi bagaimana menonantifkan Fedora-Core.Repo dan Fedora-Update.Repo supaya Add/Remove Program tidak error.
    Mungkin pakai terminal, dengan menggunanakan super user. Apa betul?

  16. mahdi aziz says:

    Saya tertarik dengan sebuah buku dengan judul “Server Fedora Core 3 dengan Client Windows XP”. Saya coba cari di toko, yang saya temukan hanya Fedora Core 5 Installation 5 CD. Saya yakin dengan kemampuan saya dalam menginstall FC 5 dengan mode instalasi berbasis GUI. Dan memang ternyata tidak ada masalah. Tetapi ada satu kesulitan saya. Add Remove Program-nya ERROR. Karena Fedora mensyaratkan sambungan Internet untuk itu. Untuk mendisablekannya harus mengubah parameter pada Fedora-Core.repo dan Fedora-core.update. Tapi bagaimana caranya?

  17. SOFYAN says:

    mas mau nanya nih? kalau XP sp2 menjadi client pedora 5 untuk akses ke pedora gimana caranya ya?di pedora folder-folder xp ke detek sedangkan xp untuk akses ke pedora 5 ( file yg di sering ) tdk bisa.makasih atas perhatiannya .

    regrd.
    pemula

  18. SOFYAN says:

    mas mau nanya nih? kalau XP sp2 menjadi client pedora 5 untuk akses ke pedora gimana caranya ya?di pedora folder-folder xp ke detek sedangkan xp untuk akses ke pedora 5 ( file yg di sering ) tdk bisa.makasih atas perhatiannya .maaf tadi salah kasih email

    regrd.
    pemula

  19. ardhian says:

    salam,

    silakan setting SAMBA dulu di Fedora. setelah itu XP tinggal join ke Fedora (dimana SAMBA telah diset sebagai domain controller)..

    ardhian

  20. Bayu says:

    komentar yang dari temen gw mnah?!
    taq jlaz bgtd ya ngsih informasi!jgn stgh2 dwnk ngsh informasi!!!!!!!!!!

  21. Endr4 says:

    thank’s bro…..?gw kan cb ya?doain ya biar gw berhasil?

  22. Endr4 says:

    oh ya bro?kt ke bios ya pertama?

  23. raditya says:

    salam kenal
    mas tolong saya dong
    saya pengen membangun distro linux gmn cranya…..tolong kirimin dong tutorialnya ke alamat email saya please bwat tugas kampus
    alamat email saya : radityaw@gmail.com

    saya tunggu kiriman mas
    thanx

  24. tongseng says:

    gmana cara nginstall fc5 lewat mode text?

  25. deby says:

    mas gmana cara nginstal fc5 lewat mode text? sertai gambar donk

  26. Meonk says:

    help me… ak dah install fedora core 5… terus m tak ganti fedora core 7 kok ga bisa ya… em cara menghilangkan partisi linux tu gmn caranya?

  27. eric says:

    bagaimana cara menginstal linux fedora yang ada gambarnya????

  28. wahyu says:

    gimn cr install linux fc5.. koq gk bisa y…

Leave a Reply

