Home » Article » Instalasi SAPGUI for Java di Linux

Instalasi SAPGUI for Java di Linux

Pages

May 2006
M T W T F S S
    Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,611 hits

Archives

Pengunjung


SAP menyediakan beberapa alternatif software client untuk mengakses server SAP R/3. Ada yang khusus untuk OS Windows (SAPGUI for Windows), SAPGUI for Java (almost all platform mulai dari Windows, Linux, Unix, Mac OS, dll), dan SAPGUI for HTML. Saya pribadi sudah mencoba semua tipe SAPGUI yang disediakan SAP. Fitur yang paling lengkap memang dimiliki oleh SAPGUI for Windows. Mulai dari fitur pengaturan tampilan, printing, pembuatan program smartforms, dll.

Tapi karena saya menggunakan OS Linux…akhirnya saya pakai SAPGUI for Java di notebook Linux saya. Just FYI, saya (Alhamdulillah) dapat jatah notebook dari kantor. Didalamnya sudah ada OS Windows XP SP2. Saya jadikan dual boot dengan Linux.

Sebelum melakukan instalasi pastikan pada sistem linux Anda telah terinstall JVM aka JRE minimum versi 1.4 (tergantung pada versi SAPGUI for Java yang akan diinstalasi).
Kebetulan saya pakai versi terbaru SAPGUI 6.40rev4. File instalasi ini berbentuk jar.

Step-step :
1. Copy ke file Platinxxx.jar (file SAPGUI for Java) ke direktori home Anda.
2. Ketik perintah instalasi menggunakan java
#java -jar Platinxxx.jar
3.Tentukan direktori instalasi SAPGUI. Secara default (jika pada saat instalasi menggunakan user root), akan menuju ke direktori /opt/SAPClients.
4. Lakukan instalasi sampai selesai.
5. Anda bisa melakukan edit environment linux. Namun, saya pribadi lebih suka membuat script kecil sebagai penentu variabel-variabel yang dibutuhkan oleh SAPGUI for Java.

Contoh script yang saya buat :
=====================================================================
#!/bin/bash

#CONNECTSTRING=’/H/saprouter/S/3299/H/gateway/S/3299/H/sapserver/S/3200′
CONNECTSTRING=’/H/IP_Server_SAP/S/32′

#export PLATIN_JAVA=”/usr/local/linux-blackdown-jdk1.3.1/jre/bin/java”
export PLATIN_JAVA=”/opt/java/jre/bin/java” –> letak perintah java

#export PLATIN_JAVA_VER=”1.3.1″
export PLATIN_JAVA_VER=”1.5.0_01″ –> versi java

#export PLATIN_HOME
export PLATIN_HOME=/opt/SAPClients/SAPGUI6.40rev4 –> letak SAPGUI

/opt/SAPClients/SAPGUI6.40rev4/bin/guistart $CONNECTSTRING

=====================================================================

6.Untuk mengetahui versi java yang Anda gunakan , silakan pakai perintah berikut :
#java -version

7. File script bisa Anda tempatkan dimana saja. Nah, agar lebih enakn lagi, Anda bisa menempatkan link file script kedalam start menu linux. Jadi user tinggal klik dari menu.

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


15 Comments

  1. deni says:

    saya nginstall sapgui 640r6 di suse 10.1 jre 1.4.2, waktu ./guilogon ada ini : java.lang.NullPointerException

    terus klik connect, diem aja (platin.ini sdh betul)

    sebelum nya pake debian sarge, gak ada masalah

    kenapa yah?
    thx

  2. ardhian says:

    Settingannya sudah benar pak ?

    Lihat di preferences.
    Settingan untuk Message Server List ataupun menggunakan Expert Configuration.

  3. deni says:

    sudah betul kok setting nya, saya copy platin.ini yg lama (dari debian)

    baru ingat, ver 640r6 di debian juga masalah, kayaknya di jre, karena masuk ke preference tampilan window nya blank, yg muncul kotak saja, cuma saya bingung benerin nya di mana, waktu instalasi juga ada error, tapi saya skip

    gimana yah? ada ide?

  4. Brachmansyah says:

    Pak Ardhian,

    Thanks sekali tutorialnya. Saya sdh berhasil install di Ubuntu 6.10. Tetapi utk ngeprint masih belum bisa. Sepertinya SAPGUInya nggak kenal setting printer di Ubuntunya. Mohon bantuan sarannya.

    Thanks
    BRachmansyah

  5. Agustinus says:

    Maaf, Pak
    Saya mau tanya bagaimana cara install java untuk ubuntu tanpa tersambung ke internet. Bila bapak punya java untuk ubuntu apa bisa saya download? karena saya coba untuk install di ubuntu 6.10 belum berhasil.

    Terima kasih

  6. Imam says:

    Mas Ardhian,
    Saya mau tanya, cara intall printer di linux supaya dikenal oleh SAP seperti fasilitas saplpd di windows. apakah hal tsb memungkinkan karena saya lihat di hasil extract Platin*.jar tidak ada komponen saplpd.
    Saat ini saya sudah berhasil install SAPGUI di linux tapi problem di SAP Printingnya.

    trims
    IMS

  7. ardhian says:

    SAPGUI for Java memang tidak menyertakan SAPLPD sebagaimana SAPGUI for Windows.

    Akan tetapi, Anda tetap bisa menggunakan printer dengan memanfaatkan LPD bawaan Linux itu sendiri. Tentunya ada settingan yang harus disesuaikan.

    Program-program yang Anda buat (sangat mungkin) akan memerlukan penyesuaian lagi.

    Semoga membantu.

    ardhian

  8. Budie Hermawan says:

    Saya minta bantuannya, bica copy SAPGUI for java ngak !, saya mau pakai di mandriva atau centos, bisa jalan sempurna ngak ya….

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Salam,
    Budie Hermawan

  9. ardhian says:

    untuk SAPGUI for Java, silakan download langsung di ftp://ftp.sap.com. gratis kok. Semua distro linux bisa digunakan.

    ardhian

  10. Suwandi says:

    Pak Ardhian,

    Saya sudah berhasil connect SAP dengan Mandriva 2008. Akan tetapi setiap kali print hasil spool, ‘cover page’ selalu muncul. Hal ini tidak terjadi apabila print dari Windows biasa.

    Mohon saran dan bantuannya.

    Terima kasih

  11. thom says:

    Dear Mas Ardhian🙂

    numpang tanya nih, saya sudah bisa print document SAP dengan Linux ( Ubuntu ) memakai print local yang attach langsung dengan linux, di SAP sudah diseting dengan type U, akan tetapi kenapa hasil cetakannya ada cover sap ikut ter print yah? dan juga formatnya jadi kacau, misal garis menjadi angka.. mohon bantuannya Mas Ardhian, Terimakasih

    Thom

    • thom says:

      Dear Mas Ardhian…

      sudah ktm settingannya🙂 , di SPAD device type disesuaikan dengan driver printer localnya, memang sih hasilnya blm 100 % kayak di win$ lumayanlah n
      masih ada kendala yg blm beres..😦
      waktu print SAP document selalu printing cover page, padahal di option sudah di setting tidak di print, hmmm binun d..
      apa ada settingan yg blm ditambahin yah?

      terimakasih

      thom

  12. ardhian says:

    @thom :

    untuk masalah cover page, settingan bisa dilihat per user. sebelum melakukan pencetakan (pada saat melakukan pemilihan output device).
    Silakan klik Properties – Cover Sheets.

    Karena ini sifatnya seperti variant yang berlaku per user.

    ardhian

Leave a Reply

