Home » Article » Memilih distro yang tepat untuk (saya …??)

Memilih distro yang tepat untuk (saya …??)

Pages

May 2006
M T W T F S S
    Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,509 hits

Archives

Pengunjung


Karena memiliki toko CD dan DVD linux online, saya seringkali calon pembeli distro apa yang cocok untuk saya. Pertanyaan ini seringkali keluar dari pengguna komputer yang masih awam tentang linux dan sebelumnya hanya mengenal Windows.

Pada awalnya saya selalu menjawab diplomatis. “Tergantung kebutuhan bapak/ibu/mas/mbak” ..diplomatis banget yah…but memang seperti itulah yang harus saya katakan. Karena saya pribadi belum tahu seperti apa kebutuhan Anda sekalian. Linux yang seperti apa yang akan Anda gunakan. Namun dari situ biasanya akan ada pembicaraan lebih lanjut. Calon pembeli biasanya baru cerita ngalor ngidul…

Berangkat dari cerpen ngalor ngidul Anda itulah, saya baru bisa memberikan gambaran alternatif distro apa yang kira-kira cocok untuk Anda. Nah, artikel ini akan membahas sedikit bagaimana saya menggali informasi dari calon pelanggan dalam rangka memberikan alternatif distro yang cocok untuk mereka.

Penentuan distro linux berdasarkan spesifikasi komputer yang dimiliki :

  • PC sekelas Pentium I kebawah (termasuk i486 dan i386) dengan RAM 4-16 MB, bisa memakai distro kecil seperti BrazilFW, Freesco, FloppyFW, ClosedBSD, dll. Bisa juga memakai sistem LTSP (Linux Terminal Server Project).
  • PC sekelas Pentium II dengan RAM 32-64MB bisa memakai distro seperti Featherweight Linux, DamnSmallLinux, IPCop, MNF2, Puppy Linux, dll.Bisa juga memakai sistem LTSP ( Linux Terminal Server Project) atauoun Vector Linux.
  • PC sekelas Pentium !!! dengan RAM 128-256MB bisa memakai hampir semua distro major seperti Fedora, Mandriva, SuSE, Debian, Ubuntu, FreeBSD, bahkan Solaris for x86.
  • PC sekelas Pentium 4 bisa memakai semua distro yang ada.

Penentuan distro linux berdasarkan kebutuhan :

  • Sebagai server-server utama seperti web, FTP, mail server, diharapkan memakai distro-distro besar seperti Fedora, Redhat, SuSE, Debian, Slackware, Mandriva, dll. Pertimbangan yang saya berikan adalah Anda akan dengan mudah menemukan referensi, tutorial, dokumentasi, dan troubleshooting baik dari internet maupun dari situs vendornya langsung.
  • Sebagai server firewall, router, gateway, proxy, Anda bisa memakai distro kecil dan function specific seperti BrazilFW, Freesco, ClosedBSD, dll. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda bisa memakai distro major. Hanya saja Anda harus memperhatikan kebutuhan H/W-nya
  • Sebagai desktop biasa dan kebutuhan operasional kantor, Anda bisa memakai distro major seperti Fedora, SuSE, Debian, Mandriva. User-user akan lebih menyukai kemudahan dalam pemakaian. User friendly – lah…
  • Sebagai desktop dan kebutuhan programming, Anda bisa memakai distro apa saja asal Anda tahu kebutuhan programming dan kebutuhan H/W Anda.
  • Sebagai desktop dan kebutuhan desain grafis, Anda bisa memakai distro besar seperti Mandriva, SuSE, Fedora, Debian, dll. Sebaiknya Anda memiliki resource H/W yang cukup .

Mungkin artikel diatas sekilas bisa memberikan alternatif kepada Anda. Sekarang Anda bisa bertanya pada diri Anda sendiri “Distro linux apa yang sesuai dengan kebutuhan saya ?” …:):)

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle 9i. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: