Home » Article » First Intro to SAP R/3 system

First Intro to SAP R/3 system

Pages

May 2006
M T W T F S S
    Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,754 hits

Archives

Pengunjung


SAP ?? SAP R/3 ? Apaan tuh ? software apaan tuh ? Banyak yang bertanya kepada saya seperti itu. Mungkin karena mereka tahu saya bekerja sebagai Basis a.k.a sysadmin SAP.

SAP adalah sistem software ERP (Enterprise Resource Planning) yang didalamnya terintegrasi proses-proses bisnis seperti bagian production, material, warehouse, HR, sales and distribution, finance, etc. SAP dibuat oleh perusahaan Jerman, SAP AG. SAP sendiri merupakan singkatan (dalam bahasa jerman – ) kalo bahasa inggrisnya, Systems, Applications, and Productions in Data Processing.

Salah satu versi SAP yang (kebetulan saya pakai) adalah SAP R/3 Enteprise 4.7 200. SAP bekerja model client server. Mostly, semua proses dilakukan di server. Software bagian client -disebut SAPGUI- bertugas mengatur tampilan ke user.

Tampilan screenshot SAPGUI (1)

Setelah mengetik username dan password, Anda akan menuju menu SAP.

Untuk menjalankan program SAP, Anda bisa menggunakan menu drilldown yang ada. Semua program ada disana kecuali program bikinan Anda sendiri. Bisa juga mengetikkan command – yang di lingkungan SAP disebut Transaction Code a.k.a tcode.

Sistem SAP umumnya diimplementasikan secara per modul. Ada perusahaan yang hanya membeli untuk modul HR (Human Resource). Ada yang membeli modul MM (Material Management), PP (Production Planning), QM (Quality Management), dll. Lisensi berlaku per modul, per user, etc. Yang lain saya kurang tahu.

Oke, saya akan sedikit melihat ke tcode. Berikut screenshot tcode DB02 untuk sistem SAP R/3 yang menggunakan RDBMS Oracle.

Kita juga bisa membuat program sendiri melalui tcode SE38. Tentu saja, username kita harus memiliki namanya access key.

Contoh program buatan sendiri.

Aplikasi SAP sendiri sangat besar dan kompleks. Saya sendiri juga nggak pernah mbayangin, kok ada orang yang bikin aplikasi sekompleks ini..:)

Mungkin sekian dulu perkenalan kita dengan SAP R/3 Ent. 4.7 ext 200. Nanti akan kita sambung lagi dengan tutorial-tutorial lain….saya lagi mau belajar Tivoli Storage Management neeh…

About Penulis
Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle 9i. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


18 Comments

  1. DAVID says:

    aq mahasiswa yg sdg mengerjakan skripsi..kebetulan aq dan temanku baru saja selesai training SAP untk modul SD.. saya ingin bertanya apakah konsep SAP yang saya terima dari training bisa kami terapkan dalam pengerjaan skripsi, kebetulan skripsi saya mengenai LIS (Logistik Information System)dan saya ingin memfokuskan pada pengembangan sistem sales & distribusi…??? apakah konsep SD dari SAP bisa digunakan????

  2. Lily says:

    Saya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas besar akhir semester. Kebetulan saya membahas implementasi SAP di bank niaga. Bank niaga mengimplementasikan sap modul HR. bisa kasi gambaran user interface SAP R/3 untuk Human Resource itu seperti apa ga yaa? thx

  3. ardhian says:

    Kebetulan tempat saya bekerja tidak melakukan implementasi modul HR. Jadi saya kurang paham dengan modul itu.

    Dan saya sendiri memegang bagian Basis (admin sistem SAP), lebih banyak urusan sama bagian sistem dan server.

    ardhian

  4. Ria says:

    saya mahasiswa jur. akuntansi dan pernah bekerja di bag PPIC. saya pernah mambaca mengenai ERP. dan sptnya cocok unt bag tersbt. dan saya saat ini sedang mengajukan proposal skripsi. mohon pencerahannya… agar saya bisa mengambil tema tentang ERP dan menurut anda ada tdk hubnya dengan jur. saya ini. thx, mohon dijwb ya….

  5. ardhian says:

    Salam,

    Bisa saja. ERP mencakup banyak hal mulai dari Material Management (MM), Finance (FI), Controlling (CO), Warehouse Management (WM), Sales and Distribution (SD), Human Resource (HR), dll..

    ardhian

  6. nur salim says:

    tolong dong beri informasi, dimana situsnya modul bahasa jerman

  7. chi_chix says:

    Saya mhsi jur.sistem komputer stikom bali, saat ini saya sedang mengerjakan laporan hasil kerja praktek tentang SAP & ERP pd perusahaan PLN di bali..
    mohon penjelasan dan gambar proses ttg kedua sistem tsb scr lengkap karna saya sulit menemukannya di situs yg lain..
    terimakasih…

  8. ardhian says:

    salam,

    ada buku ERP secara umum terbitan penerbit Informatika. Cukup bagus kok.

    bisa dicari di TB Gramedia atau TGA.

    ardhian

  9. Sevandi says:

    Thanks, terima kasih.
    Bdw di mana saya bisa mendapatkan
    master CD SAP Mini Was 6.2 ?
    Apakah bisa membantu ?

    Email : fan_idus@yahoo.com

  10. Sevandi says:

    thanks. Baik Sekali.
    Bdw, dimana saya bisa mendapatkan
    CD SAP Mini Was 6.2 ?

  11. ardhian says:

    salam,

    SAP Mini WAS 6.2 saat ini sudah obsolete dan sudah digantikan dengan versi yang lebih baru.

    CD SAP Mini WAS 6.2 dulunya disertakan jika membeli buku ABAP Object..buku terbitan SAP-Press.

    semoga membantu

    ardhian

  12. Harry says:

    Hi Admin,
    Salam kenal and nice blog also. Mampir2 ke blog saya ya jika ada yg mau sharing tentang SAP HCM indonesia

  13. Thanks for your article by the way If you want to consider ERP system. Free Learning SAP R/3 in a step-by-step online and we provide SAP document and ABAP/4 training online everything we provide free for you. visit saptraineronline.com

  14. Indra says:

    Hai Admin, thanks nih buat info soal SAPnya.

    Btw, saya mahasiswa baru dan baru pertama kali juga mengenal SAP.

    Nah, saya diberi tugas untuk membuat contoh database. Ada ga ya tutorialnya ?

    Terus kalo mau download software SAP dimana ?

    Thanks, balas ke email saya ya Admin. :
    )

  15. ardhian says:

    @Indra :

    SAP bukan sample database. SAP adalah software ERP. Tutorial banyak di internet.
    Software SAP hanya bisa didownload oleh customer SAP

  16. yudi says:

    mau tanya nih, saya biasanya memakai tcode untuk sd,mau menanyakan di tcode sd tcodenya apa saja terus? terang saya belajarnya otodidak dan pengen tau lebih banyak belajar tcode sap terutama di SD,dan satu lagi untuk melihat selisih barang masuk dan keluar pakai tcode atau tips apa bisa
    lebih cepat cara mengetahuinya?mohon balasannya para suhu disini by email. tks

  17. kris says:

    saya sudah bekerja mengunakan SAP di sebuah perusahaan Distributor.yang ingin saya tanyakan perusahaan-perusahaan apa saja yang menggunakan System SAP tersebut.

    thanks,

Leave a Reply

