Home » Article » Linux ? Binatang apa itu ?

Linux ? Binatang apa itu ?

Pages

May 2006
M T W T F S S
    Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

RSS Link

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Twitter Updates

Blog Stats

  • 345,582 hits

Archives

Pengunjung


Linux – saya kutip dari wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Linux– sistem operasi komputer yang masih keluarga UNIX, bersifat free, dan lisensinya berada dibawah GPL.

Bagi Anda yang sudah pernah mengenal komputer, mungkin sudah tahu sistem operasi Ms DOS (Microsoft Disk Operating System) dan Ms Windows. Linux sama-lah kayak gitu, hanya sifat lisensinya lain. DOS dan Windows berlisensi berbayar dan closed-source. Artinya untuk menggunakan Windows, Anda perlu membeli atau membayar sejumlah uang kepada pembuatnya. Selain itu, kode program Windows hanya dimiliki oleh Microsoft sebagai pembuatnya.

Linux – dalam hal ini kernel, yaitu inti sistem operasi – dibuat oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia, yaitu Linus Torvalds. Bersama programmer dan hacker dari seluruh dunia, Linus Torvalds membungkus kernel Linux menjadi menjadi sebuah sistem operasi yang lengkap. Dari sini, muncul varian-varian Linux yang banyak disebut distribusi atau disingkat distro. Redhat, Slackware, Debian merupakan distro-distro awal keluar.

Diatas Linux sebagai sistem operasi, barulah berdiri aplikasi-aplikasi seperti office suite, aplikasi multimedia, aplikasi grafis, aplikasi pemrograman, dan lain-lain. Oke, saya berikan gambaran aplikasi-aplikasi apa saja yang ada di Linux dan tentu saja yang free dan GPL-ed lisensi :

  1. Aplikasi Office Suite, Open Office, KOffice, GNOME Office, dll
  2. Aplikasi Multimedia, XMMS, Xine, Amarok, dll
  3. Aplikasi Grafis, GIMP, Image Magick, XPDF, dll
  4. Aplikasi Pemrograman, KDevelop, QtDesigner, Anjuta, dll
  5. Aplikasi Engineering, QCAD, Sci-lab, dll

Hampir sebagian besar aplikasi Linux masih bersifat free dan digunakan secara gratis. Tentu saja hal ini sangat baik digunakan untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia ini. Alangkah baiknya apabila mulai dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD, swasta, kalangan akademis, dll di Indonesia menggunakan aplikasi-aplikasi open source yang berlisensi GPL. Terbayang-lah berapa devisa yang kita hemat dari situ ? Jika 1 departemen pemerintah dari pusat sampai ke daerah menggunakan Linux dan aplikasi open source.

Oke, sekarang daripada berandai-andai terlalu tinggi…yang ujung-ujungnya cuma kecewa, marilah kita mulai dari diri sendiri. Kita mulai memakai Linux dan aplikasi open source yang ada. Jangan memakai software bajakan !!

Lalu dari mana kita dapat Linux atau CD-nya ? Bisa download langsung dari internet atau beli di toko CD. Bisa juga pesan melalui saya di http://linux-shop.siteburg.com.

Bagaimana dengan aplikasi yang saya pakai sekarang ? Apakah bisa berjalan di Linux ? Nah, dalam hal ini diperlukan migrasi dari Windows ke Linux. Memang tidak semua aplikasi yang ada saat ini bisa berjalan di Linux. Tetapi Anda bisa minta bantuan konsultan baik perusahaan maupun freelance seperti saya..:) untuk memberikan konsultasi migrasi. Dijamin kok..harga kompetitif dan servis memuaskan.

Oke-lah cukup sekian dari saya…

Kapan-kapan kita sambung lagi…

About Penulis

Ardhian – seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.


1 Comment

  1. Devisa Dan Legalitas

    Akhir-akhir ini aku sering mendapatkan kalimat, yang kira-kira seperti ini: Tahukah Anda puluhan triliun rupiah uang Indonesia akan berpindah ke luar negeri jika kita memutuskan untuk menggunakan software komersial sebagai pengganti software bajakan ? …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: